Recent Posts

RP-PKR, APKG I DAN APKG II PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
https://images.app.goo.gl/pf2rru764CwGJv4a7

Salah satu mata kuliah yang diambil pada Universitas Terbuka jurusan PGSD adalah mata kuliah dengan kode PDGK4302 yaitu mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap. mata kuliah ini mempersyaratkan mahasiswa untuk melakukan praktik sebagai bahan penilaian dari tutor.
Penilaian dari tutor meliputi penilaian praktek di sekolah mahasiswa dan penilaian praktek/simulasi di kelas tutorial. Adapaun komponen untuk setiap penilaian adalah rencana pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap (RP-PKR), Alat Penilaian Kemampuan Guru I (APKG I) dan Alat Penilaian Kemampuan Guru II (APKG II).
Dalam penerapan tutorial tatap muka, mahasiswa perlu membuat perangkat pembelajaran kelas rangkap serta perangkat untuk penilaian praktik pembelajaran kelas rangkap baik di sekolah mahasiswa maupun di kelas tutorial. Semua itu perlu disediakan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk proses penilaian oleh tutor.
Selain RP-PKR, APKG I dan APKG II, ada juga lembar refleksi diri atau refleksi pelaksanaan praktik dimana lembar tersebut berisi keterangan tentang alasan memilih model PKR antara 221, 222, 333 dan sebagainya. Perasaan ketika melakukan praktek PKR, baik di kelas atau di sekolah. Masalah yang dihadapi ketika praktek PKR di kelas atau di sekolah. Reaksi siswa ketika praktek PKR dan pendapat mahasiswa tentang PKR, apakah sudah sesuai atau tidak sesuai diterapkan di kelas/ di sekolahnya.
Sedangkan untuk penilaian akhir dari tutorial adalah menggabungkan penilaian praktik di sekolah dan praktik di kelas tutorial. Kedua nilai tersebut digabungkan atau dijumlahkan dan dibagi 2, selanjutnya nilai yang sudah dibagi 2 tersebut akan dikalikan dengan 20 karena nilai maksimal adalah 100.
Adapun nilai akhir dari mata kuliah PDGK4302 ini adalah menggabungkan antara nilai tutorial dengan nilai UAS dimana pada UAS akan tetap menjawab soal pilihan ganda menggunakan lembar jawaban komputer atau bisa juga menggunakan komputer.
Oleh karena penilaian ini masih memerlukan UAS, maka seyogyanya mahasiswa juga tetap perlu menguasai dan mendalami materi pada BMP meskipun nanti akan muncul kemungkinan soal yang ada pada UAS akan lebih banyak soal tentang hasil pengalaman selama mengikuti mata kuliah ini dan selama mengikuti praktik di kelas atau di sekolah.
Untuk memperlancar dan membantu para mahasiswa untuk melaksanakan tugas praktik PKR ini, admin membuat beberapa format RP-PKR, APKG I dan APKG II yang sesuai dengan buku materi pokok karangan Aria Djalil, DKK dengan tujuan agar para mahasiswa dapat terbantu untuk lebih fokus dalam pengembangan RP-PKR dan mempercepat pekerjaan mahasiswa.
Bagi para mahasiswa yang mau mendownload format RP-PKR beserta kelengkapan format penilaian APKG 1 dan APKG 2, bisa download pada link di bawah ini.





Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap

Admin sangat bahagia karena bisa membantu para mahasiswa dan agar mahasiswa berkenan membagikan link blog ini agar semakin banyak orang yang bisa memanfaatkan file yang admin bagikan.
Terima kasih dan semoga bermanfaat serta mendapat nilai yang tinggi. amiiin

Posting Komentar

5 Komentar